SEMESTER GANJIL
1.
Perbedaan CD-R dan
CD-RW
CD-R (Compact
Disk Recordable)
|
CD-RW(Compact
Disk Recordable dan reWritable)
|
Berbahan
polikarbonat
|
Bahan
: perpaduan antara perak, indium, antimon, dan telurrium
|
Data
hanya dapat diisi sekali tidak dapat diedit lagi dan seterusnya hanya dapat
dibaca
|
Data dapat
dirubah berkali-kali , setelah diisi data selain dapat dibaca data juga dapat
diedit,dihapus atau ditambahkan lagi.
|
Untuk
dapat mengisi data (burning) diperlukan software khusus
|
Operating
system biasanya sudah menyediakan software untuk mengisi data (seperti
mengisi data ke flashdisk)
|
2.
RAID atau Redundant Array of Inexpensiveadalah
sebuah cara menggabungkan sekelompok hard disk
untuk membentuk satu “virtual” drive. Tujuannya bukan hanya sekedar untuk
mendapatkan ruang yang lebih besar, tetapi juga membangun perlindungan data
dengan fungsi redundansi / melakukan duplikasi data dalam drive tambahan. Oleh
karena itu, bila kelak salah satu drive gagal /down, maka data akan tetap aman
dan tersedia. Singkatnya, RAID menyediakan dua keunggulan utama: ruang
dan keamanan data.
3. Beberapa Format DVD antara lain sebagai berikut :
a.
DVD-R
DVD-R
adalah recordable DVD format.Data pada DVD-R tidak dapat diubah. Sebuah DVD-R
biasanya memiliki kapasitas penyimpanan dari 4,71 GB (atau 4,38 GiB), meski
kapasitas standar asli yang dikembangkan oleh Pioneer adalah 3,95 GB (3,68
GiB). Kedua nilai-nilai secara signifikan lebih besar dari kapasitas
penyimpanan optik dari pendahulunya, 700 MB CD-R - DVD-R memiliki 6,4 kali
kapasitas CD-R.
b.
DVD-RW (Readable-Writeable)
Jika DVD-R
hanya dapat dituliskan satu kali saja, maka DVD-RW dapat dituliskan sampai
1000kali. Untuk kapasitas yang dimiliki sama dengan DVD-R yaitu 4,7GB untuk
single-sided.
c.
DVD-Ds
DVD-Ds,
juga disebut sebagai DVD sekali pakai, adalah jenis disk video digital yang
dirancang untuk digunakan untuk maksimum 48 jam setelah paket berisi dibuka.
Setelah waktu ini, DVD menjadi tidak terbaca untuk DVD player, karena mereka
mengandung bahan kimia yang setelah jangka waktu tertentu akan menyebabkan DVD
player untuk menampilkan "No Disc" pesan ketika disisipkan.
d.
DVD+R
Perbedaan
Yang menonjol adalah tanplus yang dimiliki DVD ini. DVD+R dikembangkan oleh
Philips, Dell, Sony, HP, dan Microsoft. Jika pada versi minus hanya mendukung
penulisan dengan satu layer saja, maka pada DVD+, DVD pada dituliskan dengan
dua layer. Harga DVD+ lebih mahal dari pada DVD-. Sebab dengan kemampuan
penulisan secara dua layer,kapasitas yang dimiliki DVD+ dapat lebih banyak dari
DVD-.
e.
DVD+RW
Sama halnya
dengan DVD+R yang juga dikembangkan oleh Philips, Dell, Sony, HP, dan
Microsoft. Jika DVD+R hanya dapat dituliskan sekali saja, sebaliknya DVD+RW
dapat dituliskan secara berulang-ulang.
f.
DVD-RAM (Random Access Memory)
DVD RAM ini juga dapat ditulisi secara berulang-ulang.
Hanya saja berbeda dari DVD yang lain yangdapat dibaca pada DVD rOM drive
biasa. Untuk membaca DVD RAM dibutuhkan driver khusus. Kapasitas yang dapat
disimpan oleh DVDRAM single-sided adalah 2,6GB atau 4,7GB. Sedangakn untuk double-sided
adalah 5,2GB atau 9,4G.
4.
Tape
library atau tape silo atau tape jukebox adalah
sebuah sistem penyimpanan data yang terdiri atas gabungan beberapa cartridge
dan pembaca barcode untuk membaca catridge dan metode otomatis untuk me-load
tape , alat ini dapat menyimpan data sangat besar berkisar antara 20 GB sampai
2,1 exabyte.
5. a. Open Sourceadalah istilah yang
digunakan untuk software yang membuka atau membebaskan source codenya untuk
dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja
software tersebut, sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada
software. Yang menariknya lagi dan merupakan satu keunggulannya adalah bahwa
Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu
membayar lisensi. Biasanya orang mendapatkan software ini dari internet. Salah
satu open source software yang terkenal yaitu Linux. Mozilla Firefox, WordPress
dan masih banyak lagi.
b. Freeware adalah suatu software atau
aplikasi yang dapat digunakan oleh semua orang tanpa membayar. Singkat kata,
freeware adalah aplikasi gratis. Namun meskipun gratis, pada dasarnya
pembuatnya memiliki kebijakan tertentu yang umumnya disertakan ketika anda
mendownload freeware tersebut atau termaktub di situs tempat anda mendownload
freeware tersebut. Tentu saja kebebasan ini bukan berarti kita tidak membayar
dan bebas lisensi, namun anda harus mengikuti apa yang dimau oleh sang pembuat
software, diantaranya tidak menggunakannya untuk kepentingan komersial dan
tidak boleh dimodifikasi dalam bentuk apapun.
c. Shareware adalah software gratis,
dapat di download dan digunakan oleh pengguna. Akan tetapi penggunaan software
tersebut ada batas waktunya, jika pengguna merasa softwarenya bagus, maka
diharuskan membeli. Shareware sering dibatasi lamanya waktu pakai (misalnya
trial 30 hari), atau jumlah software tersebut dijalankan (misalnya 30 kali),
atau feature-feature tertentu yang tidak bisa diakses. Sesudah masa ujicobanya
berakhir, software bisa saja terkunci atau bisa saja tetap berfungsi sebagaimana
mestinya dan tetap terbatasi.
6. Versi adalah sebuah perubahan besar dari software
tersebut bahkan sampai dapat dinamai sendiri misalkan OS Android 3.0 disebut
Android Ice Cream Sandwich kemudian versi selanjutnya Android 4.0 disebut Jelly
Bean dst berbeda dengan Rilis yang hanya perubahan kecil dalam versi tersebut
biasanya disebabkan adanya bug atau ada tambahan-tambahan kecil dalam versi
tersebut.
7. Personal Information Manager (PIM) adalah salah satu tipe software aplikasi yang berfungsi untuk merekam, melacak dan mengelola informasi pribadi berhubungan dengan jadwal tugas, data rekanan atau klien, dan keuangan .
8.Bahasa beraras-tinggi adalah
bahasa pemrograman yang berorientasi kepada bahasa manusia. Program dibuat
menggunakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami manusia. Biasanya
menggunakan kata-kata bahasa Inggris; misalnya IF untuk menyatakan
"JIKA" dan AND untuk menyatakan "DAN". Yang termasuk dalam
kelompok bahasa pemrograman ini adalah Java, C++, Pascal, Basic dll. Bahasa
beraras-rendah adalah bahasa pemrograman yang berorientasi kepada mesin.
Bahasa ini menggunakan kode biner (yang hanya mengenal kode 0 dan 1), atau
suatu kode sederhana untuk menggantikan kode-kode tertentu dalam sistem biner.
Yang tergolong kedalam kelompok bahasa pemrograman ini adalah bahasa
mesin dan bahasa rakitan. Bahasa-bahasa tersebut sangat sulit dipahami oleh
orang awam dan sangat membosankan bagi pemrogram. Pemrorgam harus benar-benar
menguasai operasi komputer secara teknis. Namun, bahasa generasi ini memberikan
eksekusi program yang lebih cepat, selain itu bahasa mesin bersifat sangat
tergantung pada mesin (machine dependent); artinya, bahasa mesin antara satu
mesin dengan mesin yang lain akan jauh berbeda.
9. RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks) adalah cip pengendali dan software khusus yang berguna untuk menggabungkan sejumlah hardisk berukuran kecil menjadi 1 unit sehingga dapat mengirimkan data pada sejumlah lintasan secara serentak sehingga mempunyai akses piringan yang lebih cepat.
10. Device driver adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstal di dalam sistem operasi. Device driver, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau secara sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug-and-play). Beberapa sistem operasi juga menawarkan device driver yang berjalan di dalam ruangan pengguna (userspace) sistem operasi. Beberapa driver telah dimasukkan ke dalam sistem operasi secara default pada saat instalasi, tapi banyak perangkat keras, khususnya yang baru, tidak dapat didukung oleh driver-driver bawaan sistem operasi. Adalah tugas pengguna yang harus menyuplai dan memasukkan driver ke dalam sistem operasi. Driver juga pada umumnya menyediakan layanan penanganan interupsi perangkat keras yang dibutuhkan oleh perangkat keras.
11. Fungsi sistem operasi secara umum adalah sebagai berikut:
a)
Resource manager, merupakan pengelolaan sumber daya
dan mengalokasikannya, Contoh: memori, CPU, Disk Drive dan perangkat lainnya.
b)
Interface / tatap muka, yaitu sebagai perantara antara
pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna
yang lebih mudah dipahami dan bersahabat (user friendly)
c)
Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas
sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan dapat diproses secara
berurutan.
d)
Guardian, menyediakan akses kontrol yang bertugas
untuk melindungi file dan memberi pengawasan pada data dan program.
e)
Gate Keeper, berfungsi sebagai pengendali hak akses
oleh pengguna yang mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ke dalam sistem
dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
f)
Optimizer adalah penjadwal masukan (input) oleh user,
pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaan.
g)
Accountant befungsi untuk mengatur waktu CPU,
penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.
h)
Server berfungsi untuk melayani pengguna komputer.
12.Time sharing adalah inovasi
yang memungkinkan komputer komputer besar memproses banyak tugas secara
simultan, dengan memberikan potongan waktu pada masing-masing tugas, dan
beralih dari satu tugas ke tugas lainnya dengan cepat.Dalam sistem tersebut,
sistem operasi akan menggilir proses-proses yang sedang berjalan, dan
mengizinkan setiap proses untuk dijalankan oleh CPU (serta disimpan di dalam
memori), sebelum pindah ke proses selanjutnya. Mesin-mesin tersebut
melakukan pekerjaannya dengan cepat, sehingga kebanyakan pengguna saat itu
dapat merasakan seolah-olah mereka menggunakan mesin tersebut hanya untuk
sendiri. Secara teori, time-sharing mampu mengurangi biaya komputasi secara
signifikan, mengingat sebuah mesin dapat digunakan oleh beberapa pengguna,
bahkan ada yang mencapai angka ratusan pengguna.
13. Kata multimedia itu sendiri berasal
dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa
Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu. Multimedia
adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi)
berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, graphics, animasi, video,
interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu
menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target audiens-nya.
Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu mulitimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan / lurus), contohnya : TV dan film. Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol (atau alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard dan lain-lain) yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Contohnya seperti aplikasi game. Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan interaktivitas (rancangan).
Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu mulitimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan / lurus), contohnya : TV dan film. Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol (atau alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard dan lain-lain) yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Contohnya seperti aplikasi game. Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan interaktivitas (rancangan).
14. Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated
environment), suatu lingkungan sebenarnya
yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya
menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil
pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
15.
Kelompok Aplikasi Multimedia :
Presentasi bisnis
|
Multimedia yang digunakan sebagai media komunikasi
yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan
ke audien.
|
Pelatihan berbasis komputer (CBT/Computer Based
Trianing)
|
Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran
tentang penguetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh,CBT digunakan
untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti
ini, tidak hanya tata cara membersihkan busi yang dapat di visualisasikan,
tetapi bunyi percikan api ketika busi ditest juga diperdengarkan
|
Pendidikan
|
Multimedia digunakan dalam program-program permainan
untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
|
Hiburan
|
Multimedia digunakan memvisualisasikan
pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan dengcara konvensional
|
Penyajian Informasi
|
Multimedia dapat Dipakai untuk membentuk
enslikopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu
multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis baik dalam bentuk buku
maupun Koran
|
Kios interaktif
|
Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai
pada tempat-tempat umum. Pemakai dapat berinterakasi dengan layar sentuh
untuk mempermudah dalam mencari informasi
|
Telekonferensi
|
Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan
bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan ke masing-masing
komputer pemakai yang digunakan
|
16.
Morphing adalah perubahan bentuk obyek gambar secara
bertahap. Morphing merupakan salah satu teknik yang banyak digunakan dalam
dunia entertainment karena efek dari morphing ini sangat menarih untuk diamati.
Morphing memerlukan dua gambar, yaitu gambar awal dan gambar akhir. Morphing
digunakan untuk membuat gambar yang merupakan gambar perubahan setiap satuan
waktu dari gambar asal ke gambar hasil. Morphing secara sederhana dapat
dilakukan dengan menggunakan interpolasi linier.
Contoh Morphing 1 :
17.
Pengujian Rancangan, Prototipe Semu
(autocad, 3dmax), Analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, produksi
dan pemeliharaan. Bidang kedua yaitu arsitektur : Perancangan gedung. Bidang
ketiga yaitu militer : pelatihan (Pilot, Astronot, Pengemudi), Simulasi
Peperangan( Cry Engine 3). Bidang ketiga yaitu kedokteran : pelatihan
pembedahan, terapi fisik. Bidang keempat yaitu penelitian / pendidikan : studi
tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks. Bidang
kelima yaitu dalam hiburan : Museum Virtual, Permainan balap, Simulasi
pertempuran udara, Taman Virtual, Simulasi Ski, dan lain sebagainya.
No comments:
Post a Comment